MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Friday, September 19, 2014

STANDARISASI MANAJEMEN USAHA DAN PERENCANAAN USAHA

PERENCANAAN BISNIS
( SIKLUS KEHIDUPAN PRODUK)

 DALAM sebuah bisnis yang kita jalankan kamu harus mengetahui dimana saat harus menyiapkan saat-saat genting dalam usaha sehingga, kamu telah menyiapkan strategi dan konsep dalam menjalankan bisnis dan usaha. kapan itu ???..... 
1.Tahapan Pengenalan (Produk ini belum dikenal masyarakat) saat inilah konsep inovasi dan kreatifitas kamu diuji seberapa mampu strategi ini dapat mengenalkan produk kamu, target pasar, segmentasi pasar, model dan konsep produk, ciri produk semua harus direncanakan secara matang, seperti halnya kamu tau siapa yang tertarik dengan konsep packaging seperti itu.... ?

2.Tahap pertumbuhan  : konsistensi marketing dan menjaga  kualitas produk yang sudah diproduksi (konsisten dalam menjaga rule dan standarisasi sehingga seperti halnya ketika kamu sudah berjalan 2 tahun rasakan bahwa kamu masih seperti menjual saat" pertama kali menjual produk) betapa semangat dan cerianya kamu menjual dan memperkenalkan produk kamu.... 

3.Tahap kedewasaan  : tahap pendewasaan merupakan tahapan pada titik jenuh seolah-olah barang atau jasa produk kita jangan peminat maka, Pada saat inilah produk harus terus berinovasi dan kreatifitas dengan semakin banyaknya kompetitor.

4.Tahapan penurunan : proses ini dibtuhkan kreatifitas agar produk yang kurang diminati dilakukan dengan cara menurunkan harga barang.seperti halnya produk yang terlalu lama, kemasan yang pudar, jasa yang biasa-biasa saja stagnant ..... perlu ada renovasi dan perubahan konsep... 

Keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa Dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik
 
KERANGKA PERENCANAAN USAHA :

1.Nama usaha

2.Lokasi

3.Komoditi yang diusahakan

4.Pasar yang akan dimasuki

5.Partner yang akan diajak kerjasama
 Syarat sebelum menjalankan/ membuka sebuah usaha diantaranya : 
1.BERANI (memiliki semangat tinggi seolah-olah membayangkan keuntungan besar ingin diraup)
2.JENIS USAHA (Jasa, Produksi, Service, dll)
3.MODAL USAHA (Kredit, Pinjaman, Investor, dll)
4.TEMPAT USAHA (Cari yang Strategis.... (tergantung konsep dan manajemen))
5.TENAGA/ SDM (loyal, Berkualitas)
6.SEKMEN (Siapa yang akan menjadi target ...?)
7.PEMASARAN (Dimana, Kapan, Seperti apa?)
 
 
BAGAIMANA MENJALANKAN BISNIS :
 
1. RUBAHLAH SIKAP Mental Anda, Ini hal terpenting, karena ber Bisnis itu akan menjadi lebih mudah jika Anda menyukai perubahan.


2. IDE USAHA HANYA PERLU LEBIH BAIK DAN PENUH INOVASI, artinya ide Usaha Anda itu tidak harus selalu sesuatu yang baru. Ingat yang terpenting adalah ide Anda harus lebih baik.


3. BISNIS ITU TIDAK BERISIKO YANG BERISIKO ITU ANDA, itu jika Anda tidak mau belajar keterampilan dan keahlian yang diperlukan oleh bisnis tersebut.


      4. VISI DAN MISI HIDUP ANDA JADIKANLAH FALSAFAH USAHA, inilah sebetulnya tujuan hidup yang sedang Anda perjuangkan. Ingat bisnis Anda adalah seperti kendaraan yang akan membawa Anda sampai ketujuan.


       5. PAKAILAH SEDIKIT UANGMU SENDIRI UNTUK MEMULAI USAHA, perhatikan Kamu akan belajar banyak jika pakai uangmu sendiri untuk menjalankan usaha.


        6. Lokasi usaha itu penting, namun jika keterampilan dan modal pas-pasan lokasi usaha tidak harus selalu strategis.


       7. PRODUK ATAU JASA ADALAH PILIHAN KONSUMEN BUKAN PILIHAN ANDA, jadi Anda harus melakukan riset pasar apa kebutuhan, keinginan, permintaan dan bagaimana daya beli calon konsumen Anda.
       8. RENCANA USAHA HARUS SESUAI LATAR BELAKANG, jangan mengada-ngada, ingat Anda bukan sedang merencanakan suatu kegagalan.


9. MULAILAH SEGERA BERTINDAK, keberhasilan berangkat dari langkah nyata, memulai usaha tidak harus menunggu semua sempurna. Usaha kecil atau usaha besar bukanlah ukuran keberhasilan. Yang terpenting adalah langkah nyata Anda.


10. PROMOSIKAN USAHA ANDA SECEPATNYA, itu jika usaha Anda ingin secepatnya dikenal dan mendatangkan keuntungan usaha.


11. BANGUN SISTEM YANG TEPAT UNTUK BISNIS DAN KARYAWAN ANDA, jangan sampai Anda terjebak menjadi pegawai dalam bisnis Anda sendiri selamanya.


12. BERMURAH HATILAH DENGAN MASYARAKAT, bersedekahlah jika bisnis Anda ingin berkembang berlipat ganda.


13. BISNIS LANCAR ? JIKA BISNIS ANDA BISNIS KECIL JANGANLAH BERSEDIH HATI, inilah saatnya memikirkan agar bisnis Anda segera untuknaik kelasataumelebarkan sayap”, Itu jika Anda memang seorang entrepreneur sejati.

STANDARISASI MANAJEMEN
 standarisasi berarti sebuah usaha membutuhkan standart baku yang mengikat kepada sebuah badan usaha maupun perorangan sehingga setiap pelayanan, servis yang diberikan memiliki prosedur dan standar baku... lalu standart apa saja.... ? 
Apa saja yang dibutuhkan dalam Standarisasi Manajemen .....
1. SDM : LOYAL, BERKUALITAS, SEJAHTERA

Memahami Karakter Staf – Sesuai Jabatan Profesional Leader / Hard Worker

Kualitas Dan Kapasitas Dalam Kerja

Komposisi Staf Berdasar Gender – STRATEGI SERVICE MANAJEMEN, dll

2. JOB DESK :

Lingkup kerja, Batasan Kerja, Service, Personality, Tugas Dan Tangung Jawab,  Rincian Tugas Kerja, Prosedur Pelaksanan, Prosedur Evaluasi Dan Pelaporan, dll


3. STRUKTUR ORGANISASI :

Right Man Right Place, Komposisi Jabatan, Pola Komunikasi, Pertanggung jawaban Kerja, Prosedur Alur Evaluasi, Prosedur Pelimpahan Wewenang, dll


4. KARAKTER INSTANSI :

Warna, Tradisi, PDH, Karakter Instansi, Produk, Service, dll

 

 
  KERJASAMA PERUSAHAAN
 ya.... kamu membutuhkan sebuah kerjasama dengan banyak pihak untuk mendukung usaha kamu semakin naik tingkat dan sukses serta konsisten untuk tumbuh dan berkembang.. pencapaian itu yang harus kita raih.. dengan siapa saja kita bisa menjalin kerjasama ... ? 
1.Lembaga Pembiayaan (buat simpan pinjam)

2.Lembaga Pendidikan (bisa jadi terget sasaran)

3.Instansi Pemerintah / Negeri (sapa tau nawarin tender atau sapa tau ada dana hibah)

4.Instansi Swasta (bisa jadi investor dan mitra kerja)

5.Dunia Usaha dan Industri (bisa jadi tempat konsultasi belajar dari yang sukses)

6.UMKM (sebagai mitra untuk menjual produk)

7.Organisasi Bisnis / UMKM (sarana sharing kita dalam usaha antar pengusaha)

8. Warga Masyarakat (berbuat baik lah kemasyarakat nama itu akan harum disana)

9.Lembaga Sosial (CSR..... amal buat akhirat kan.. membantu mereka yang kekurangan)

10.Sumber Belajar (media kita mendapat ilmu dimana saja kapan saja)

11.Organsasi Kemasyarakatan (sarana kita edukasi ke mereka)

kamu pasti bisa we do we have we can...... 
  kedepan kita akan belajar bagaimana memahami Karakter orang lain...



 HTY












 

No comments:

Post a Comment