TEACHING
FACTORY
Konsep Teaching Factory merupakan ektensi dari kurikulum
sekolah kejuruan pilihan di kota Solo. Setelah pendalaman teori dasar di
sekolah-sekolah kejuruan, para siswa senior belajar untuk mengembangkan produk
dan jasa dalam kondisi produksi yang sebenarnya. Mereka didukung bimbingan
unggul para pelatih berpengalaman dan fasilitas produksi yang mutakhir. Dengan
demikian kesenjangan antara kebutuhan praktis dunia industri dan pelatihan
teoritis di sekolah kejuruan akan tertutup sehingga meningkatkan peluang karier
siswa.
·
TEKNIK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
·
TEKNIK
PERMESINAN
·
TEKNIK
OTOTRONIK
·
TEKNIK
PEMBUATAN KAIN
Teaching Factory adalah konsep belajar
dalam suasana yang nyata, sehingga dapat menjembatani kesenjangan
kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Teknologi pembelajaran inovatif dan praktek produktif merupakan
konsep metode pendidikan berorientasi
pengelolaan siswa dalam belajar dalam rangka untuk
menyelaraskan dengan kebutuhan dunia
industri. (Brosur IGI, 2007).
Dalam arti lain bahwa produksi
pembelajaran berbasis keterampilan proses belajar atau keterampilan yang
dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur standar dan pekerjaan yang
sebenarnya (pekerjaan nyata) untuk memproduksi barang atau jasa sesuai dengan
permintaan pasar atau konsumen. Dengan kata lain, barang-barang yang dihasilkan
dapat dihasilkan yang dapat dijual atau dapat digunakan oleh masyarakat,
sekolah atau konsumen.
Program Pengajaran Factory (TEFA)
adalah campuran dari pembelajaran yang sudah ada yang Pelatihan Berbasis
Kompetensi (CBT) dan Pelatihan Berbasis Produksi (PBT), dalam arti bahwa proses
keahlian atau keterampilan (kecakapan hidup) yang dirancang dan dilaksanakan
berdasarkan standar prosedur dan pekerjaan yang sebenarnya untuk menghasilkan
produk yang sesuai dengan tuntutan pasar / konsumen.
Dalam arti lain bahwa produksi pembelajaran berbasis proses pembelajaran keterampilan atau Dalam penjelasan pendek
adalah belajar mengajar berorientasi Factory dan usaha produksi. Proses pelaksanaan program pengajaran konsep
Factory adalah untuk menggabungkan
bisnis dan pendidikan kejuruan sesuai dengan kompetensi
keahlian yang relevan, misalnya: pada kursus keahlian
fashion melalui kegiatan membuat dan menjual pakaian yang dilakukan oleh pelajar
Adapun proses pembentukan struktur manajemen produksi kecil organisasi
akan disiapkan di bentuk tanaman struktur
organisasi dan keterlibatan siswa
yang dilayani dalam jangka waktu
satu tahun akan dipandu oleh guru yang bertindak sebagai konsultan assesor produktif,
dan fasilitator. Beberapa bagian dari
rencana pelaksanaan pekerjaan meliputi: kesiapan ruang
produksi dan peralatan dan bahan
pendukung, energi penjualan /
pemasaran, pembelian personalia, manajer gudang, kasir dan
administrasi dan pekerja produksi.
Tidak beberapa lembaga
pendidikan kejuruan yang selalu berusaha
dan bekerja secara optimal dalam
memotivasi dan merespon distribusi
alumni, baik sebagai pekerja yang mengisi ruang
lingkup pekerjaan atau yang
membuka lapangan kerja sendiri.
Namun, karena kurangnya
informasi adalah kendala dengan kesempatan kerja dan kenyataan pahit
yang harus diterima di jajaran sekolah yang
terletak di daerah jauh dari
aktivitas pasar kerja / bisnis.
Sekolah yang terletak di daerah jauh dari aktivitas pasar
kerja / bisnis.
Dengan program pengajaran Factory adalah langkah positif yang ditawarkan melalui kebijakan pemerintah untuk mengembangkan semangat pengusaha, dengan harapan bahwa lulusan sekolah kejuruan (SMK) mampu menjadi aset daerah dan bukan daerah beban
Pembelajaran berbasis produksi dalam paradigma lama hanya mempertahankan kualitas produk atau jasa tetapi hasil produksi tidak digunakan atau dipasarkan hanya cukup - mata untuk menghasilkan nilai dalam pengajaran dan pembelajaran.
Dengan program pengajaran Factory adalah langkah positif yang ditawarkan melalui kebijakan pemerintah untuk mengembangkan semangat pengusaha, dengan harapan bahwa lulusan sekolah kejuruan (SMK) mampu menjadi aset daerah dan bukan daerah beban
Pembelajaran berbasis produksi dalam paradigma lama hanya mempertahankan kualitas produk atau jasa tetapi hasil produksi tidak digunakan atau dipasarkan hanya cukup - mata untuk menghasilkan nilai dalam pengajaran dan pembelajaran.
1.
PROSES APLIKASI TEFA
a.
Pembentukan manajemen TEFA
Dalam
proses ini dilakukan
adalah untuk membentuk struktur
organisasi skala kecil manajemen produksi di dalam kelas sesuai dengan bentuk organisasi
yang ada di perusahaan. Di divisi ada mahasiswa yang dilayani dalam manajemen, pemasaran,
administrasi, dan produksi (produksi
perencanaan dan pemeliharaan dan perbaikan (MR)). Setiap
bagian memiliki seorang pemimpin tim yang bertanggung jawab mengkoordinasikan
pekerjaan stafnya. Masing-masing memiliki tanggung jawab pada bagian dan tidak
boleh terjadi, kesenjangan antara
bagian. Guru bertindak sebagai
konsultan, asesor dan fasilitator.
b.
Proses produksi
Urutan konsumen atau barang yang akan diproduksi menjadi manajemen untuk berkonsultasi guru sebagai konsultan dan
fasilitator, jika itu adalah tetap sesuai dengan perimtaan / standar kualitas dan perintah
masuk ke administrasi untuk mengetahui biaya produksi
dan keuntungan. Order dan kemudian masuk ke produksi untuk dapat bekerja. Selama proses setiap bagian melakukan pengawasan (kontrol kualitas) dari
pekerjaan yang dilakukan untuk menghindari kesalahan.
Setelah pembangunan selesai dan kemudian barang-barang diperiksa oleh setiap bagian, untuk kemudian melakukan tahap akhir pengolahan (finishing)
dan ditinjau oleh guru sebagai penilai. Jika barang yang
sesuai dengan urutan dan tidak ada masalah sehingga produksi
dianggap selesai.
c.
Pemasaran
atau proses produksi
Barang jadi diperiksa oleh setiap bagian dan kemudian disesuaikan dengan
permintaan / standar mutu dan persetujuan konsultan. Departemen pemasaran
menjual produk berdasarkan perjanjian yang disepakati bersama. Pesanan produk yang disesuaikan antara barang-barang kualitas yang diinginkan konsumen terhadap kondisi saat itu, produk tersebut tidak dipasarkan di perintah umum oleh departemen pemasaran. Setiap produk yang dijual harus dilaporkan kepada manajer melalui administrasi.
menjual produk berdasarkan perjanjian yang disepakati bersama. Pesanan produk yang disesuaikan antara barang-barang kualitas yang diinginkan konsumen terhadap kondisi saat itu, produk tersebut tidak dipasarkan di perintah umum oleh departemen pemasaran. Setiap produk yang dijual harus dilaporkan kepada manajer melalui administrasi.
d.
Evaluasi
Proses
Langkah berikutnya adalah untuk mengevaluasi kinerja dari setiap bagian.
Guru yang bertindak sebagai konsultan untuk memberikan penilaian sendiri untuk
setiap bagian sebelum mengevaluasi bersama-sama untuk kemudian akan digunakan
sebagai patokan keberhasilan pekerjaan / kemajuan siswa. Dari penilaian ini
dapat diketahui kemampuan siswa dalam melaksanakan tugasnya.
Beberapa tahap di atas adalah deskripsi sederhana tentang
penerapan pengajaran yang diadakan Factory sekolah. Pengajaran Factory
mengharuskan semua orang yang terlibat untuk bersikap profesional dan
bertanggung jawab pada pekerjaan yang ia lakukan, meskipun masih dalam lingkup
kecil. Diharapkan ada proses pelatihan dan pembelajaran untuk setiap siswa
untuk bekerja dalam situasi nyata.
Dalam hal pendidikan pengajaran Factory mendidik siswa
untuk menerapkan apa yang mereka pelajari ketahuai (belajar untuk mengetahui),
belajar untuk menerapkan apa yang mereka lakukan (belajar melakukan), dan
belajar untuk menerapkan apa yang mereka ketahui dan mereka melakukan hal yang
sama untuk kemudian menjadi keterampilan bagi mereka yang dapat membawa mereka
untuk hidup dalam masyarakat (belajar untuk hidup bersama).
2.
Faktor
Pendukung TEFA
Secara umum, merupakan faktor
penting yang menentukan apakah atau tidak program pengajaran di sekolah-sekolah
saat ini merupakan faktor sekolah dan guru Factory. Untuk meningkatkan
kompetensi siswa SMK, pemerintah menargetkan 70 persen dari sekolah kejuruan di
Indonesia untuk memenuhi standar nasional pendidikan (SNP) dan terakreditasi
minimal B.
a. Faktor Sekolah
a. Faktor Sekolah
Sekolah adalah lembaga resmi
diperbolehkan untuk melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Sekolah
bersama dengan departemen pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai
dengan perkembangan pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja. Seiring dengan itu
datang strategi baru untuk meningkatkan kualitas sekolah, seperti oleh Factory
mengajar. Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui kantor
pendidikan yang relevan memberikan bantuan untuk CMS dalam bentuk kemudahan
izin untuk melaksanakan pendidikan berbasis produksi dan pengakuan standar
kualitas untuk produk yang dihasilkan oleh CMS, selain ke kantor pendidikan
juga membantu mengembangkan keterampilan yang berlaku di CMS. Dengan keaktifan
sekolah ini memungkinkan Factory mengajar berjalan dengan baik tidak hanya
dalam hal pendidikan, tetapi juga dari dunia bisnis
b. Faktor Guru
Guru adalah kelas master selama
proses pembelajaran, karena guru adalah orang yang paling berpengetahuan
tentang lingkungan saat ini dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan.
Pengajaran Factory membutuhkan perhatian serius dari semua pihak yang terlibat
untuk tujuan tertentu dapat dicapai. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam
hal ini, selain sebagai guru konsultan, penilai dan fasilitator juga memiliki
tanggung jawab moral untuk mengajar para siswa untuk memberikan yang terbaik
bagi mereka berdua dalam hal pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan.
Kualitas seorang guru dapat
diukur bagaimana tingkat siswa keberhasilan menerapkan apa yang diajarkan guru.
Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu memaksimalkan potensi siswa
mereka, memfasilitasi siswa untuk mengembangkan, dan mampu menciptakan kondisi
yang kondusif bagi para siswa merasa nyaman, senang dan tertarik untuk belajar.
Pengajaran guru Factory membutuhkan sosok seperti itu, tidak hanya derajat yang
diperoleh. Jadi Factory mengajar diharapkan untuk berkinerja baik dan
menciptakan lulusan sekolah kejuruan yang berkualitas yang kompeten dan siap
untuk bekerja.
Administrasi dan
Manajemen Teaching Factory (TEFA)
administrasian dan
manajemen merupakan konsep standart dalam pengelolaan sebuah program yang
berbasis usaha. Mannajemen akan mengatur dan mengelola dalam bentuk pengawasan,
pengendalian, standarisasi, control dan evaluasi. Konsep manajemen yang
dibangun utamanya adalah konsep penerapan pelaksanaan program teaching factory
di SMK Negeri 2 Karanganyar harus benar-benar memahami target dan penyusunan
system dan pelaksanaan pengelolan teaching factory itu sendiri. TEFA bukan haya
digunakan sebagai media belajar mengajar namun lebih luas lagi TEFA berfungsi
sebagai penjembatan sekolah dengan masyarakat umum tentang program yang
dihasilkan sekolah produk dan hasil
kerja sekolah benar-benar dapat dipercaya oleh masyarakat secara umum. Hal ini
tentunya akan menjadi nilai tambah bagi sekolah yang telah mengelola TEFA
secara baik dengan system manajemen yang baik.
TEFA memiliki kekuatan secara umum bagaimana system
entrepreneurship sekolah ditantang untuk
dikembangkan secara maksimal, guru dan seluruh perserta pendidikan
dilibatkan seluruhnya untuk terwujudnya system. System ini lah yang akan
mengendalikan proses TEFA sendiri setiap orang yang terlibat didalamnya harus
memahami produk TEFA, langkah TEFA, rencana TEFA, tujuan dan bagaimana
pengelolaannya sehingga langkah-langkah yang dilakukan harus segera dibentuk
perencanaan sejak dini tentang apa,
bagaimana, kapan,siapa, dimana, dan mengapa TEFA ini harus dijalankan.
Ada system…. Ya system ini yang mengendalikan mengontrol dan
bertanggung jawab
Ada perencanaan…. Ya
perencanaan ini yang harus mampu mewakili target-target TEFA secara umum target
harus singkron dan sesuai dengan perencanaan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
Ada SOP…… pelaksanaan
(standar operasional pelaksanaan masing-masing program) yang mewakili :
1. Pengertian Program/produk TEFA
2. Tugas dan tanggung jawab TEFA
3. Perencanaan program
4. Langkah-langkah pemasaran
5. Langkah-langkah kerja
6. Prosedur pelaksanan
7. Standart proses
8. System evaluasi dan control
9. Pengadministrasian program
Hal ini lah yang harus dibuat oleh manjemen dan pengelola
ketika TEFA akan dijalankan secara baik, system harus dibentuk dulu….. dan membutuhkan proses dan bersifat
terkendali dengan perencanaan.
Siapa yang
bertanggungjawab untuk mengelola… ?
Orang-orang yang mengelola TEFA harus memahami TEFA terlebih
dahulu harus mengetahui program, perencanaan karena mereka merupakan otak utama
dalam system TEFA. Dan TEFA merupakan orang-orang pilihan. Penyelenggara
program TEFA harus bertanggungjawab layaknya relawan yang siap dan aktif dalam
mengelola, buat struktur organisasi yang jelas dan saling sinergi dan relefan
dengan bidang ampuan yang dilakukan pengembangan program TEFA dapat dilihat
bagaimana kinerja dan cara kerja pengelolaan masing masing program.
SMK negeri 2 memiliki potensi luar biasa dalam pengembangan TEFA,
baik untuk program permesinan, ototronik, Rekayasa perangkat lunak dan
pembuatan kain. Tinggal bagaimana program ini akan dijalankan dalam bentu
seperti apa, bagaimana menjalankannya, siapa saja yang bertanggung jawab, kapan
akan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan strategi pemasaran dan strategi
pengelolaannnya.
Bagaimana mengelola TEFA?
Masing-masing program memiliki karakteristik berbeda dengan
keunggulan dan produk yang dihasilkan. Terdapat 3 point dalam pengelolaan
antara lain
1. Pengelolaan manajemen yang baik oleh
tiap program
2. Perencanaan dan strategi pelaksanaan
yang kreatif, inovatif dan terbarukan/update
3. Pemasaran yang intens dalam bentuk
pemasaran internal dan external
Apakah perlu dibuat
administrative dalam pengelolaan .. ?
Ya.. .buat
pengadministrasian yang baik mengenai :
·
program
pelaksanan TEFA
·
sarana
dan sarana apa saja yang mendukung TEFA
·
siapa
saja yang terlibat baik internal sekolah maupun external sekolah yang mendukung
TEFA
·
standart operasional untuk tiap program
·
strategi
pemasaran yang dibuat secara bersama dan bertanggung jawab
BAGAIMANA SIKLUS
MANAJEMEN TEFA HARUS DILAKSANAKAN :
A. Siklus 1
Proses Pembentukan Manajemen TEFA
1. sebagai contoh membuat dan membentuk struktur
organisasi manajemen produksi kecil di tingkat kelas sesuai bentuk struktur
organisasi di pabrik yang bertugas selama satu tahun ajaran yang dipandu oleh
konsultan (guru pengampu).
2. Guru dalam konsep pendekatan
pembelajaran TEFA bertindak sebagai konsultan dan asesor serta fasilitator.
Konsultan dalam posisi disini sebagai tenaga teknis ahli, penilai (asesor) dan
juga pemberi order. Fasilitator bertugas memberikan fasilitas atau pelayanan
terhadap kebutuhan unit produksi kecil. Pada posisi ini diperankan oleh pihak
sekolah dan unit produksi.
3. Siswa/guru… ? yang dipercaya sebagai
manajer bertanggung jawab mengkoordinir manajemen baik bagian administrasi,
bagian pemasaran, bagian produksi perencanaan dan juga Maintenance and Repair
(MR). Posisi manajer ini bertanggung jawab dan melaporkan hasil pekerjaan
kepada konsultan, dan juga fasilitator yang diperankan oleh guru pengampu.
4. Siswa/guru….? yang menduduki jabatan
bagian administrasi, bagian pemasaran, bagian produksi perencanaan dan juga
maintenance and repair (MR) bekerja mengelola sesuai prosedur yang telah
ditetapkan oleh manajer melalui pekerjaan yang telah disetujui oleh konsultan
dan bertanggung jawab langsung pada manajer.
5. Siswa/guru…? yang menduduki jabatan
Bagian produksi bertugas sebagai Quality Control atas hasil pekerjaan dan
mengelola bawahannya yang terdiri dari kepala regu.
6. Kepala regu mengelola manajemen
pekerja dan hasilnya yang dilakukan oleh para karyawannya serta bertanggung jawab
kepada bagian produksi. Posisi kepala regu ini sangat penting karena pengawasan
atas hasil pekerjaan dan juga quality control tingkat bawah yang secara
langsung mengecek kondisi lapangan baik bahan ataupun material pelengkap
lainnya.
Sebaiknya untuk proses manajemen awal manajemen dikendalikan
terlebih dahulu oleh Guru-guru pengampu agar proses pemasaran dan pemahaman
tentang TEFA telah dpahami dan berjalan baik.
B. Siklus 2
Proses Produksi
1. Order
dari konsumen yang berupa konsep gambar diadministrasikan oleh bagian
administrasi dan diserahkan kepada bagian perencana. Hasil dari perencana yang
berupa gambar jadi dan juga kalkulasi harga diserahkan kembali ke manajer.
Manajer menyetujui dan mengesahkan hasil perencanaan setelah mendapat persetujuan
dari konsultan dan faslitator.
2. Hasil
perencanaan diserahkan kepada bagian produksi sesuai pesanan. Tugas lain dari
manajer adalah menerima hasil penilaian pekerjaan dari bagian produksi dan juga
membuat laporan hasil pekerjaan yang akan diserahkan kepada konsultan.
3. Bagian
produksi membagi tugas kepada kepala regu untuk mengerjakan pesanan sesuai
dengan jumlah karyawan dan bagian masing – masing. Pada proses ini bagian
produksi memberikan target waktu penyelesaian pekerjaan. Bagian produksi juga
menerima laporan dan penilaian hasil dari karyawan melalui kepala regu. Data
penilaian hasil pekerjaan diserahkan kepada manajer.
4. Kepala
regu menganalisa pesanan dan memberikan tugas pekerjaan kepada para Bagian
produksi, Selama dalam proses produksi ini kepala regu setiap saat mengecek
hasil pekerjaan dan melaporkan hasil pekerjaan kepada bagian produksi. Tugas
lain dari kepala regu adalah memberikan penilaian hasil pekerjaan yang nantinya
dilaporakan kepada bagian produksi. Dan ada standarisasi produk yang dihasilkan
menyangkut kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.
C. Siklus 3
Proses Pemasaran atau hasil produksi
1. Produk
barang yang sudah dilakukan quality control oleh bagian produksi dan manajer.
Kesesuaian produk barang pesanan dan standar mutu produk harus disetujui oleh
konsultan sebelum proses pemasaran.
2. Bagian
administrasi mendata kuantitas produk barang sesuai dengan standar mutu yang
ada.
3. Bagian
pemasaran menjual produk barang kepada konsumen sesuai kesepakatan yang telah
disetujui bersama. Apabila dalam bentuk pesanan maka bagian pemasaran
menanyakan mutu dan jumlah barang kepada pemesan dan dibuat laporan. Produk
barang yang dibuat tanpa ada pesanan maka bagian pemasaran bertugas menjual
produk barang itu kepada konsumen.
4. Setiap
hasil penjualan harus dilaporkan kepada manajer melalui bagian administrasi.
5. Dalam konsep pendekatan pembelajaran TEFA ini setiap hasil penjualan atas barang yang diproduksi oleh unit produksi kecil dikelola oleh bagian administrasi setelah dikurangi atas biaya listrik dan bahan. Apabila bahan dan perlengkapan lainnya merupakan hasil usaha dari siswa maka hasil penjualan dikurangi biaya listrik dan biaya-biaya operasional lainnya yang nantinya akan menentukan arah pengembangan baik produk, prize, place dan konsep Marketing.
5. Dalam konsep pendekatan pembelajaran TEFA ini setiap hasil penjualan atas barang yang diproduksi oleh unit produksi kecil dikelola oleh bagian administrasi setelah dikurangi atas biaya listrik dan bahan. Apabila bahan dan perlengkapan lainnya merupakan hasil usaha dari siswa maka hasil penjualan dikurangi biaya listrik dan biaya-biaya operasional lainnya yang nantinya akan menentukan arah pengembangan baik produk, prize, place dan konsep Marketing.
6. Hasil
kegiatan pendekatan pembelajaran TEFA ini muTEFAak menjadi milik siswa dan
dibagikan pada setiap akhir kelulusan.
Bagaimana
dengan guru program: guru bertanggung jawab untuk terus berinovasi
mengembangkan baik manajemen, program dan kemitraan yang akan dibangun.
Sehingga semakin sekolah dipercaya maka kualitas dan kuantitas sekolah akan
semakin diperhatikan baik oleh masyarakat dan pemerintah.
D. Siklus 4
Evaluasi dan Penilaian
1. Pada
proses ini proses evaluasi yang dilakukan oleh konsultan yang juga bertindak
sebagai asesor atau penilai.
2. Setiap
hasil pekerjaan yang telah dicek kualitasnya diserahkan oleh manajer untuk
diperiksa kualitasnya kepada konsultan.
3. Setiap
pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan dinilai oleh kepala regu dan divalidasi
oleh bagian produksi.
4. Tahapan
penilaian ini kepala regu juga bertindak sebagai asesor bagi karyawan dan
bagian produksi bertindak sebagai asesor bagi kepala regu/kepala bagian.
Penilaian yang dilakukan oleh kepala regu dan bagian produksi diserahkan kepada
bagian administrasi dan dilanjutkan ke manajer.
5. Konsultan
atau asesor memberikan penilaian atas hasil kerja manajer dan bagian – bagian
lainnya. Pemberian nilai oleh asesor berdasarkan atas kriteria yang ditentukan
berdasarkan kompetensi pekerjaan. Nilai yang dihasilkan asesor adalah nilai
akhir dari hasil penilaian kepala regu, kepala bagian produksi dan juga
manajer.
6. Penilaian
yang diberikan kepada siswa adalah penilaian dalam bentuk lembar penilaian
kompetensi yang harus diisi setelah job pekerjaan dan standar kompetensi atau
keahlian selesai. Dalam penilaian, lembar penilaian kompetensi dibawa oleh
siswa dan diberikan kepada asesor setiap melakukan penilaian.
7.
Pengumuman nilai dilakukan setiap akhir pekerjaan sesuai dengan batas waktu
yang telah ditentukan.
Lebih
jelasnya siklus dalam penelitian digambarkan dalam bagan alir sebagai berikut :
SIKLUS PENDEKATAN PEMBELAJARAN METODE TEFA - - - - SIKLUS II
Proses Produksi Dan KBM Produktif
SIKLUS I
Pembentukan
manajemen TEFA
SIKLUS III
Pemasaran
Hasil Produksi
SIKLUS IV
Penilaian
standar kompetensi keahlian
·
Pengelola
·
Proses
produksi
·
Manajemen
pabrik
·
Daftar
nilai per kompetensi
·
Evaluasi
hasil
·
Perencanaan
·
Alokasi
Waktu
·
Anggaran
biaya
·
Administrasi
·
Bagian
Pemasaran
·
Hasil
produk
·
Sistem
pemasaran
Tujuan dari pendekatan pembelajaran TEFA dilandasi oleh
tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2006 (KTSP), pendekatan
pembelajaran yang berbasis produksi dan pembelajaran di dunia kerja, dukungan
mutu pendidikan dan latihan yang berorentasi hubungan sekolah dengan dunia
industri dan dunia usaha menerapkan unit produksi di sekolah. Landasan lain
adalah semakin mahalnya biaya bahan praktik siswa, peralatan yang harus
terpelihara dalam kondisi standar, motivasi untuk meningkatkan kesejahteraan
bagi warga sekolah serta menimbulkan kepercayaan diri dan juga kebanggaan bagi
lulusannya.
Secara umum pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran TEFA
ini bertujuan untuk melatih siswa untuk mencapai ketepatan waktu, kualitas yang
dituntut oleh industri, mempersiapkan siswa sesuai dengan kompetensi
keahliannya, menanamkan mental kerja dengan beradaptasi secara langsung dengan
kondisi dan situasi industri, menguasai kemampuan manajerial dan mampu
menghasilkan produk jadi yang mempunyai standar mutu industri.
Mekanisme
Dalam Menyusun Pendekatan Pembelajaran TEFA
Penyusunan pendekatan pembelajaran TEFA ini dapat disusun dengan tahapan – tahapan sebagai berikut :
Penyusunan pendekatan pembelajaran TEFA ini dapat disusun dengan tahapan – tahapan sebagai berikut :
a. Perencanaan pembelajaran yang
meliputi konsep kurikulum yang mendukung yaitu pembuatan kompetensi keahlian
yang mendukung job pekerjaan. Pembuatan perangkat job sheet dan modul dalam
bentuk kompetensi dasar yang sesuai dengan kompetensi dasar keahlian.
b. Konsultan mempersiapkan dan
menentukan kompetensi dan sub kompetensi dasar sesuai dengan job atau pesanan.
c. Konsultan membuat daftar ketrampilan
dari setiap sub kompetensi dari pekerjaan untuk evaluasi hasil pembelajaran.
d. Konsultan bersama fasilitator
membentuk perangkat manajemen pengelola sesuai bidang usaha yang akan
dikerjakan.
e. Konsultan menentukan lokasi dan
target waktu yang diperlukan dalam pembuatan produksi yang harus diperhitungkan
sesuai dengan alokasi waktu belajar dan disesuaikan standar industri.
f.
Konsultan
membentuk organisasi unit produksi kecil dengan tugas dan tanggung jawab
masing- masing bagian.
g. Pengelola unit produksi kecil
menerima pesanan dan memproduksi barang sesuai standar yang telah ditetapkan
oleh konsultan sesuai tugas dan tanggung jawab masing- masing.
h. Secara lebih jelasnya dalam menyusun
mekanisme pendekatan pembelajaran TEFA dapat digambarkan sebagai berikut :
KOMPONEN
·
Ka.
Sekolah
·
Ka.
Bidang
·
Ka.
Bengkel
·
Guru
KONSEP PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEFA
PERENCANAAN
Aspek KBM
yang mengatur pelaksanaan pembelajaran dengan melibatkan unsur Kepala Sekolah,
kepala bidang, kepala Bengkel dan guru
·
PEMBUATAN
PERANGKAT MANAJEMEN TEFA
Pembentukan organisasi
unit produksi kecil ditingkat kelas
·
PERSIAPAN
UNIT PRODUKSI KECIL
Mempersiapkan sarana pendukung produksi dan ketersediaan
pekerjaan dari pemesan dan pasar melibatkan unit produksi sekolah
·
MELAKUKAN
EVALUASI
Melakukan evaluasi pembelajaran terhadap hasil pembelajaran
dan standar mutu pekerjaan
B.
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
Kendala dan
hambatan TEFA yang ada diantaranya:
1. Ada sebagian siswa yang belum siap
terutama untuk mengerjakan job pekerjaan dengan tepat waktu.
2. Sebagian mutu produk hasil pekerjaan
siswa belum terkontrol sesuai standar industri hal ini disebabkan oleh
kemampuan siswa yang masih kurang.
3. Siswa lebih suka pelajaran produktif
di bengkel dari pada belajar didalam ruang kelas.
Dari hasil penelitian maka proses pendekatan pembelajaran TEFA
(Teaching Factory) adalah perpaduan metode yang sudah ada yaitu CBT (Competency
Based Training) dan PBT (Production Based Training). CBT adalah pelatihan yang
didasarkan atas hal – hal yang diharapkan oleh siswa ditempat kerja. CBT ini
memberikan tekanan pada apa yang dapat dilakukan oleh seseorang sebagai hasil
pelatihan (out put) bukan kuantitas dari jumlah pelatihan. PBT (Production
Based Training) adalah suatu proses pembelajaran keahlian atau ketrampilan yang
dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang
sesungguhnya (real job) untuk menghasilkan barang atau sesuai dengan tuntutan
pasar atau konsumen.
Pendekatan pembelajaran TEFA adalah suatu konsep pembelajaran
dalam ruangan kelas dan bengkel praktek dengan menerapkan pelatihan dalam
suasana sesungguhnya, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara
kebutuhan indusri dan pengetahuan dari sekolah.
Adanya pendekatan pembelajaran TEFA maka etos kerja siswa
dalam melaksanakan praktek produktif lebih baik hal ditunjukan dengan adanya
peningkatan waktu penyelesaian dan juga kualitas pekerjaan semakin baik.
Dan sebaiknya dalan pengelolaan TEFA :
1.
Agar
dalam pelaksanaan konsultan pendekatan pembelajaran dengan TEFA konsultan tidak
melupakan unsur pendidikan dan pembelajaran tidak semata – mata mengejar profit
oriented.
2.
Pengelola
manajemen siswa harus lebih banyak melakukan pelatihan dan pembelajaran secara
khusus agar kemampuan dan sumber daya meningkat.
3.
Siswa
harus lebih terkontrol dalam belajar agar tidak terlena dengan pembelajaran
produktif saja.
4.
Proses
pendekatan pembelajaran TEFA ini, guru sebagai konsultan dan siswa sebagai
pengelola unit produksi kecil harus sinergi dan selaras agar kemampuan hasil
produknya lebih berkualitas.
5.
Fasilitator
atau pihak sekolah dengan unit produksi sekolah harus lebih aktif dalam mencari
order pesanan.