STRATEGI PEMASARAN
1. Menentukan
sekmentasi pasar yang akan dibidik (kampus, masyarakat, siswa sekolah, pegawai,
dll)
2. Membagi
wilayah pemasaran sesuai segmentasi yang akan dibidik
3. Membentuk
tim pemasaran, baik tim inti dan pendukung
4. Melakukan
survai berkala terhadap customer tentang minat dan keinginan kebutuhan pasar
5. Melakukan
perbaikan sarana dan prasarana
6. Membuat
inovasi baik brosur, baliho, leaflet, dll
7. Melakukan
penyebaran brosur baik dibagi dipintu masuk kampus, sekolah maupun perusahan, dan masyarakat
8. Penyebaran
brosur dapat dilakukan dengan menaruh brosur di setiap sepeda yang diparkir di
tempat parkir,
9. Brosur
dapat pula dititipkan kepada tukang becak, tukang Koran dll dengan member I vee
10-15 ribu
10. Brosur
dapat pula dititipkan kepada warung makan, internet, toko, stan-stan pameran
dan bursa-bursa kerja
11. Dapat
pula dengan, kerjasama sponsorship dengan kampus, masyarakat, sekolah dll
12. iklan
Koran secara ber kesinambungan
13.
Membuat
target jumlah tempat pembagian brosur
14.
Membuat
target siswa paketan short course tiap bulannya ber koordinasi dengan
departemen terkait
15.
Membuat
brosur, , leaflet, pamflet, dll untuk segmentasi personal
16.
Membuat
stiker
17.
Membuat
quisioner untuk kepuasan dan evaluasi produk
18.
Membuat
19.
Membuat
spanduk, spanduk meteran, dan banner jalan
20.
Membuat
wilayah penyebaran brosur dan target sasaran peserta kursus
21.
Membuat
administrasi marketing secara baik dan benar
untuk short course
22.
Membuat
arsip daftar siswa yang kursus di istibank solo tahun ajaran saat ini
23.
membuat
daftar sekolah, nama sekolah, contac person, no telepon, hp, jabatan, no telp
sekolah, alamat sekolah, absensi siswa, presentasi atau belum, apakah surat
sudah masuk
24.
Mensosialisasikan
setiap jadwal presentasi kepada seluruh staff
25.
Merekrut
dan membina dan training tim marketing
26.
Membuat
daftar kerjasama atau MOU dengan sekolah, perusahan, maupun instansi dalam
peningkatan omset lembaga
27.
Mengupdate
semua situs website, facebook, flixser, frenster, blogger, dll
28.
Membuat
program pembinaan dan motivasi berkala dan tersistem dalam bentuk seminar,
outbond, dll bagi Fo dan manajemen
29.
Membuat
testimoni siswa yang telah kursus dan pelayanan lembaga
30.
Mendokumentasikan
setiap kegiatan acara
31.
Membuat
evaluasi presentasi bulan-bulan rame kursus dan sepi kursus
32.
Membuat
event yang menarik dengan bekerjasama dengan instansi, perusahaan, dll
33.
Membuat
agenda pelaksanaan penyebaran brosur
34.
Membuat
agenda pelaksanaan evaluasi, rapat, dan koordinasi yang intensi dengan seluruh
departemen.
35.
Membuat
pemetaan kerja saingan.
36.
Melakukan
study banding dan investigasi lembaga lain.
37.
Customer
yang datang di berikan buku tamu yang mana nantinya digunakan untuk
mengkonfirmasi dan tindak lanjut kursus yang akan di ambil
No comments:
Post a Comment