MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Monday, July 21, 2014

50 STRATEGI PEMASARAN DALAM KURSUS



  STRATEGI PEMASARAN
1.       Menentukan sekmentasi pasar yang akan dibidik (kampus, masyarakat, siswa sekolah, pegawai, dll)
2.       Membagi wilayah pemasaran sesuai segmentasi yang akan dibidik
3.       Membentuk tim pemasaran, baik tim inti dan pendukung
4.       Melakukan survai berkala terhadap customer tentang minat dan keinginan kebutuhan pasar
5.       Melakukan perbaikan sarana dan prasarana
6.       Membuat inovasi baik brosur, baliho, leaflet, dll
7.       Melakukan penyebaran brosur baik dibagi dipintu masuk kampus, sekolah maupun perusahan, dan masyarakat
8.       Penyebaran brosur dapat dilakukan dengan menaruh brosur di setiap sepeda yang diparkir di tempat parkir,
9.       Brosur dapat pula dititipkan kepada tukang becak, tukang Koran dll dengan member I vee 10-15 ribu
10.   Brosur dapat pula dititipkan kepada warung makan, internet, toko, stan-stan pameran dan bursa-bursa kerja
11.   Dapat pula dengan, kerjasama sponsorship dengan kampus, masyarakat, sekolah dll
12.   iklan Koran secara ber kesinambungan
13.   Membuat target jumlah tempat pembagian brosur
14.   Membuat target siswa paketan short course tiap bulannya ber koordinasi dengan departemen terkait
15.   Membuat brosur, , leaflet, pamflet, dll untuk segmentasi personal
16.   Membuat stiker
17.   Membuat quisioner untuk kepuasan dan evaluasi produk 
18.   Membuat
19.   Membuat spanduk, spanduk meteran, dan banner jalan
20.   Membuat wilayah penyebaran brosur dan target sasaran peserta kursus
21.   Membuat administrasi marketing secara baik dan benar  untuk short course
22.   Membuat arsip daftar siswa yang kursus di istibank solo tahun ajaran saat ini
23.   membuat daftar sekolah, nama sekolah, contac person, no telepon, hp, jabatan, no telp sekolah, alamat sekolah, absensi siswa, presentasi atau belum, apakah surat sudah masuk
24.   Mensosialisasikan setiap jadwal presentasi kepada seluruh staff
25.   Merekrut dan membina dan training tim marketing
26.   Membuat daftar kerjasama atau MOU dengan sekolah, perusahan, maupun instansi dalam peningkatan omset lembaga
27.   Mengupdate semua situs website, facebook, flixser, frenster, blogger, dll
28.   Membuat program pembinaan dan motivasi berkala dan tersistem dalam bentuk seminar, outbond, dll bagi Fo dan manajemen
29.   Membuat testimoni siswa yang telah kursus dan pelayanan lembaga
30.   Mendokumentasikan setiap kegiatan acara
31.   Membuat evaluasi presentasi bulan-bulan rame kursus dan sepi kursus
32.   Membuat event yang menarik dengan bekerjasama dengan instansi, perusahaan, dll
33.   Membuat agenda pelaksanaan penyebaran brosur
34.   Membuat agenda pelaksanaan evaluasi, rapat, dan koordinasi yang intensi dengan seluruh departemen.
35.   Membuat pemetaan kerja saingan.
36.   Melakukan study banding dan investigasi lembaga lain.
37.   Customer yang datang di berikan buku tamu yang mana nantinya digunakan untuk mengkonfirmasi dan tindak lanjut kursus yang akan di ambil

No comments:

Post a Comment