MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Saturday, July 5, 2014

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PUBLIC RELATION



Public Relation (PR)
Membina hubungan baik dan sekaligus membangun citra lembaga di tengah- tengah masyarakat serta instansi pemerintah atau swasta dalam rangka memberikan pelayanan di bidang pendidikan dan secara simultan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan satu upaya peningkatan kualitas SDM Di bawah supervisi Kabag. Humas dan Pemasaran, mengemban fungsi human relation dalam tataran individual maupuan institusional dalam kerangka membangun dan/mempertahankan image lembaga.
Spesifikasi tugas yang dijalankan oleh unit Public Relation adalah: 
a.    Merencanakan dan membina hubungan baik dalam membangun dan mempertahankan citra positif lembaga disamping keharmonisan lembaga ditengah–tengah masyarakat .
b.    Mengurus semua bentuk perijinan ( pengajuan ijin dan / perpanjangan ijin ) yang diperlukan lembaga.
c.    Menerima, melayani dan menyelesaikan aduan/complain (stabilisator) dari peserta didik di lingkungan lembaga maupun masyarakat luas yang berkenaan dengan lembaga.
d.   Merencanakan dan membuat dokumentasi ,dan publikasi moment / kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan lembaga/masyarakat.
e.    Menjalin berbagai bentuk kerjasama dengan institusi swasta maupun negeri (pemerintahan) dan di lingkungan akademisi.
f.      Membuat pers reliase disamping mengadakan jumpa pers untuk setiap event–event yang diselenggarakan oleh lembaga.
g.    Proaktif mempresentasikan keberadaan lembaga ke kalayak masyarakat umum dalam membangun imag /citra positif lembaga.
h.    Melaksanakan dan merencanakan event pengabdian masyarakat dalam rangka mengemban fungsi sosial.
i.      Mencari tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) peserta didik Program. Pendidikan 1 tahun berdasarkan proporsionalitas antara jumlah pesrta didik dengan alokasi ploting peserta per lokasi PKL
Wewenang dan tanggung jawab yang diemban oleh unit Public Relation :
a.    Menentukan event–event lembaga sebagai implementasi Marketing Public Relation ( MPR ).
b.    Mengusulkan adanya bentuk penawaran kerjasama dengan institusi lain.
c.    Mengadakan jumpa pers untuk membangun image lembaga.
d.   Melaksanakan sosialisasi terprogram dan terpadu lembaga.
e.    Bertanggung-jawab atas keharmonisan hubungan kerjasama dengan institusi lain.
f.     Bertanggung–jawab atas pengembangan program lembaga melalui presentasi dan sosialisasi.
g.    Bertanggungjawab atas kelancaran publisitas lembaga.
 
Hubungan lini secara hierarki unit Public Relation adalah dengan :
5.      Manager
5.      Kabag. Humas dan Pemasaran
5.      Lintas Departemen:
a.    Dept. Akademik relevansinya dengan konsulidasi agenda kegiatan DIKLAT akademik–lembaga.
b.    Dept. Keuangan relevansinya dengan alokasi dana dan anggaran yang nantinya dibutuhkan dalam pengadaan atas sejumlah fasilitas maupun perlengkapan penunjang kerja.
Dept. Umum relevansinya dengan pengadaan dan alokasi fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan

No comments:

Post a Comment