MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Friday, June 6, 2014

SOP MARKETING - PROGGRAM LKP ATAU KAMPUS


SOP
a)        MEMBUAT DAN MERENCANAKAN PROGRAM PEMASARAN
A.1 Permohonan Pengajuan Proposal
·            Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pengajuan proposal-proposal permohonan presentasi
a.       Persiapan surat permohonan
Contoh surat permohonan : terlampir
b.       Persiapan akomodasi marketing
Penganggaran dana marketing sesuai dengan budgeting yag telah direncanakan
c.        Persiapan transportasi (motor, mobil)
d.       Persiapan surat MOU
Contoh MOU Sekolah : Terlampir
e.        Persiapan profil lembaga
Contoh Profil Sekolah : Terlampir
f.        Membawa daftar sekolah dan bukti konfirmasi
Contoh bukti konfirmasi :
No
HR/TGL
Nama sekolah
Alamat sekolah
Nama Petugas Penerima
No hp CP
Keterangan
Paraf dan stempel
1
Senin 13-01-10
.................
Jl. Sudirman no 13 Kra
 (Wakakurikulum)
(0271) ********
Konfirmasi bulan februari

2







3







g.          Penyiapan tim marketing (yang ikut dalam marketing dan loby sekolah)
NB : Point a-f direncanakan 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan Marketing

A.2. Konfirmasi permohonan dan penjadwalan presentasi sekolah
·         konfirmasi sekolah dilakukan dengan cara via telepon maupun datang langsung
konfirmasi dengan cara datang langsung  membawa 2 lembar konfirmasi
1. Daftar bukti konfirmasi
2. Membawa daftar sekolah dan hasil konfirmasi
3. bertemu dengan petugas Tata Usaha (TU) untuk menanyakan petugas yang berkompeten dalam penjadwalan presentasi
4. Menyatakan maksud dan kedatangan pengajuan proposal presentasi serta hasil konfirmasi




Contoh daftar hasil konfirmasi seperti berikut :
No
Nama sekolah
Alamat
Proposal
Presensi
Presentasi
No Contact
Konfirmasi
Pelaksanaan
1
Klaten





Tanggal :
Waktu :
Tempat :
Contact :
Jml kelas :
Aula/kelas :

2
Solo







3
Sukoharjo







4
Karanganyar







5
Wonogiri







6
Sragen







7
Boyolali







3. Pengajuan permohonan presensi siswa kelas 3
4. konfirmasi dan tindak lanjut MOU bilamana diperlukan
·         Konfirmasi dilakukan via telepon
a.       Diikuti dengan standar telepon devisi CSO
b.       Petugas konfirmasi harus petugas yang sama (penanggung jawab konfirmsi) dengan pertimbangan pengaturan penjadwalan presentasi dan pemetaan wilayah untuk presentasi agar lebih teratur.
Contoh :
1.     Konfirmasi pengaturan jadwal presentasi sekolah tidak boleh berbenturan dengan sekolah lain pada jam yang sama terkecuali tim telah tersedia
2.      
Dilakukan untuk menanyakan jadwal waktu dan kesediaan sekolah dalam pengadaan presentasi

Contoh  loby sekolah :
Selamat pagi, siang,  bapak/ibu.
Smk.............................,, ya pak/bu. Kami dari **************, ingin berbicara dengan bapak/ibu bagian kurikulum atas nama :.................... (Bila ya saya sendiri)
Maka jawabannya :
kami dari ***************ingin menanyakan tentang permohonan dan disposisi surat permohonan kami tentang presentasi, seminar atau motivasi  yang kami tawarkan kepada sekolah bapak/ibu untuk siswa kelas 3.
Seperti isian surat permohonan kami bentuk presentasi, motivasi maupun seminar tentang kewirausahaan, ESQ maupun motivasi pra ujian.
Kalau diperkenan waktu presentasi kami 45 menit. Pak di aula atau kelas boleh.../ kami siap.
Kalau ya : kira kira ada waktu kapan ya pak? Jam ? aula atau kelas diarahkan aula...
Kalau besok kami ingin konfirmasi lagi kepada bapak/ibu ? telp ?

Selamat pagi, siang,  bapak/ibu.
Smk.............................,, ya pak/bu. Kami dari **********, ingin berbicara dengan bapak/ibu bagian kurikulum atas nama :.................... (Bila orang lain)
Maka jawabannya : mohon maaf bapak/ibu apakah bapak/ibu berikut................... ada ditempat. Kami dari ********* . ingin menanyakan tetang permohonan presentasi ke sekolah..?

A.3 Membuat Target jumlah prospek sekolah presentasi SMA, SMK, STM
·         Membuat daftar sekolah prioritas utama (SMK), menengah (SMA/MAN) dan belum terlalu (STM)
·         Follow up setelah presentasi dilakukan menyesuaikan kompetensi dan karakter sekolah
Follow up sekolah dapat dilakukan dengan cara :
1.       Sms motivasi
2.       Penyebaran pamflet/leaflet
3.       Penyebaran brosur
4.       Penyebaran kalender, stiker, banner, dll
5.       Penyebaran surat informasi kelulusan masuk ke lembaga **********
6.       jejaring sosial : Facebook, frenster, flixster, yahoo massager  dll
7.       Website, blogger, dll
8.       Membuat event kegiatan lembaga pelibatan sekolah
9.       Pembuatan spanduk, banner, dll
10.    Penawaran diskon kursus, menjadi sponsorsip kegiatan sekolah, dll
11.     
A.4 Meminta presensi siswa tiap kelas 3 antara lain,
permintaan presensi siswa dapat dilakukan saat permohonan pertama kali melakukan kunjungan, dapat pula dilakukan ketika presentasi berlangsung, serta dilakukan pada saat konfirmasi sekolah.
·         Data dapat berupa absensi kelas, daftar keterangan siswa, alamat dll
·         Baik soft maupun hard file
·         Pengarsipan dan pengetikan data hasil presentasi maupun presensi siswa
·         Pengelompokan siswa sesuai dengan program yang diambil dari daftar angket
Contoh daftar angket terlampir :




A.5 Membuat brosur 1 tahun, leaflet, pamflet, dll   
·         Membuat brosur terbaru dan terupdate, kreatir, inovatif dan informatif.
·         Mencari dan mendokumentasikan profil alumni yang telah bekerja baik secara visual gambar maupun audio visual
·         Membuat press release ke media massa, radio, dll
Isian brosur/materi brosur antara lain :
1.       Fasilitas Keunggulan lembaga **********
2.       Program jurusan dan biaya pendidikan serta angsuran
3.       Testimoni siswa dan alumni
4.       Kemitraan dan kerjasama perusahaan, lembaga, instansi dll
5.       Bahasa dan tema brosur (bernilai dan marketable)
Contoh : kuliah langsung kerja ?mana mungkin.....
6.       Foto-foto dokumentasi untuk brosur yang terarah dan menarik
7.       Denah kampus, contact, alamat informsi lembaga
8.       Syarat pendaftaran dan proses pendaftaran, waktu pendaftaran yang jelas
9.       Informasi diskon, hadiah, beasiswa, dll
10.     

A.6 Membuat formulir pendaftaran bagi siswa yang mendaftar di lembaga maupun ditempat presentasi
·         Formulir pendaftaran
·         Alur pendaftaran langsung dan tidak langsung
·         Keseragaman informasi yang terstandar
·         Buku tamu dan pedoman pendaftaran
·         Pembuatan buku induk siswa
·         Review hasil pendaftaran siswa kelembaga yang dilaporkan
·         Evaluasi dan laporan tiap gelombang
1.       Hasil penerima diskon, kost gratis, handpone, laptop, dll
2.       Hasil pendaftar daftar ulang
3.       Hasil pendaftar
·          
A.7 Membuat Spanduk ujian, spanduk meteran, dan banner jalan
·         Format spanduk terstandar baik sponsorsip, kerjasama, informasi, follow up, dll
1.       Format spanduk terlampir
·         Jenis sesuai kebutuhan
A.8 Membuat pemetaan jalan dan sekolah
·         Dimaksudkan untuk memudahkan tim marketing dalam hal kunjungan ke sekolah maupun jalur alternatif kunjungan
·         Mengantisipasi tim marketing baru dalam bekerja
·         Memudahkan dalam Pembagian wilayah kerja
·         Efisiensi biaya, tenaga dan pengetahuan geografi lebih terarah
A.9 Membuat administrasi marketing secara baik dan benar
·         Tertib Administrasi daftar tim marketing
·         Tertib Administrasi daftar sekolah
·         Tertib Administrasi presensi dan presentasi sekolah
·         Tertib Administrasi konfirmasi dan follow up
·         Tertib administrasi dokumentasi dan file data soft maupun hardwere marketing
·         Tertib administrasi proposal-proposal kegiatan, surat menyurat, MOU, dll
·          
-          Membuat surat permohonan presentasi pada bulan juli-agustus
-          Membuat daftar siswa yang kuliah dan bekerja di ********** solo tahun ajaran saat ini
-          Membuat daftar inventarisasi lembaga khusus marketing
-           membuat daftar sekolah, nama sekolah, contac person, no telepon, hp, jabatan, no telp sekolah, alamat sekolah, absensi siswa, presentasi atau belum, apakah surat sudah masuk
-          Mensosialisasikan setiap jadwal presentasi kepada seluruh staff
-          Merekrut dan membina dan training tim marketing
-          Membuat daftar kerjasama atau MOU dengan sekolah, perusahan, maupun instansi
-          Mengupdate semua situs website, facebook, flixser, frenster, blogger, dll
-          Membuat program pembinaan dan motivasi berkala dan tersistem dalam bentuk seminar, outbond, dll
-          Membuat testimoni siswa yang telah bekerja maupun kuliah
-          Mendokumentasikan setiap kegiatan acara
-          Membuat quisioner hasil kegiatan seminar dan presentasi
-          Menguatkan kerjasama dengan kepalasekolah maupun staff sekolah
-          Pemberdayaan  alumni dalam hal presentasi sekolah


b)       MEMBUAT DAN MERENCANAKAN PROGRAM PEMASARAN SHORT COURSE
-          Membuat target jumlah tempat pembagian brosur paket short course
-          Membuat target siswa paketan short course tiap bulannya ber koordinasi dengan departemen terkait
-          Membuat brosur short course , leaflet, pamflet, dll
-          Membuat stiker
-          Membuat quisioner siswa kursus
-          Membuat formulir pendaftaran bagi siswa yang mendaftar di lembaga
-          Membuat spanduk, spanduk meteran, dan banner jalan
-          Membuat wilayah penyebaran brosur dan target sasaran peserta kursus
-          Membuat administrasi marketing secara baik dan benar  untuk short course
-          Membuat arsip daftar siswa yang kursus di ********** solo tahun ajaran saat ini
-          membuat daftar sekolah, nama sekolah, contac person, no telepon, hp, jabatan, no telp sekolah, alamat sekolah, absensi siswa, presentasi atau belum, apakah surat sudah masuk
-          Mensosialisasikan setiap jadwal presentasi kepada seluruh staff
-          Merekrut dan membina dan training tim marketing
-          Membuat daftar kerjasama atau MOU dengan sekolah, perusahan, maupun instansi dalam peningkatan omset lembaga
-          Mengupdate semua situs website, facebook, flixser, frenster, blogger, dll
-          Membuat program pembinaan dan motivasi berkala dan tersistem dalam bentuk seminar, outbond, dll bagi Fo dan manajemen
-          Membuat testimoni siswa yang telah kursus dan pelayanan lembaga
-          Mendokumentasikan setiap kegiatan acara
-          Membuat evaluasi presentasi bulan-bulan rame kursus dan sepi kursus
-          Membuat event yang menarik dengan bekerjasama dengan instansi, perusahaan, dll
-          Membuat agenda pelaksanaan penyebaran brosur
-          Membuat agenda pelaksanaan evaluasi, rapat, dan koordinasi yang intensi dengan seluruh departemen.


c)       MEMBUAT DAN MERENCANAKAN PROGRAM PEMASARAN BKK (BURSA KERJA KHUSUS)
-          Melakukan evaluasi program kerjasama dengan perusahaan
-          Mencetak kandidat terbaik dari lembaga sesuai pangsa pasar dunia kerja
-          Menjalin kerjasama dengan semua instansi, lembaga, swasta maupun negeri, kecil dan besar serta pemerintah, perusahaan, dll
-          Menyalurkan siswa dengan target 100 % kerja
-          Mencetak dan menyiapkan siswa berorientasi usaha dan kerja
-          Berkoordinasi dengan semua departemen dalam hal penyiapan kompetensi siswa
-          Membuka jalinan komunikasi yang intensif dengan perusahaan, lembaga, mupun instansi
-          Membuat inovasi dan pembaharuan dalam hal silabus, kurikulum dan rpp sesuai dengan dudi
-          Membuat standart siswa kerja
-          Membuat daftar contoh surat lamaran, cv, dll
-          Mengadakan sosialisasi test interview dan persiapan wawancara
-          Membuat testimoni siswa bekerja
-          Membuat anggaran belanja tiap tahunnya

Saturday, May 3, 2014

assalamualaikum... hartoyo lagi... yah... menyenangkan sekali ketika kita bermain dan belajar di alam dari bertanam, berkebun, berternak.. melakukan semua hobi yang menyengkan kita... terlebih hobi kita menghasilkan apa yang kita lakukan. entah itu dijual hasilnya dibagikan ke tetangga atau dikonsumsi sendiri...
anggur merupakan jenis tanaman rambat yang sangat mudah untuk dibiakkan. bagaimana ketika anda melihat buah anggur yang seperti ini.

BETERNAK IKAN DAN BERBUDIDAYA IKAN NILA

assalammualaikum... nama saya hartoyo, dari purbayan solo. dalam kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman, bagaimana beternak nila budidaya sendiri. nila merupakan air tawar yang sangat mudah dibudidayakan. bagaimana tidak ikan nila dapat hidup tanpa harus memakai pompa udara/pompa sirkulasi. ketahanan ikan nila terhadap lingkungan sangat baik.
perhatikan bentuk ikan nila ini ketika dalam keadaan tanpa pompa sirkulasi :
ikan nila akan beradaptasi dengan mengambil udara dengan mengangkat kepala sebatas muka air. sehingga kebutuhan udara tercukupi. namun disarankan dengan keterbatasan peralatan dapat diganti dengan melakukan pergantian air dalam kolam sehingga bakteri penggangu pertumbuhan ikan dapat dikontrol dengan baik.
perrtumbuhan ikan nila tergolong sangat cepat, dibanding dengan ikan lainnya. bagi yang ingi budidaya ikan nila diusahakan ikan nila dilengkapi dengan alat sirkulasi air yang baik dan pensinaran matahari yang cukup, sehingga perkembangbiakan ikan lebih cepat.
saya menggunakan kolam berukuran 3.5 x 50 x 50 (PXLxT)  dengan jumlah tebaran 8 ekor betina dan 3 ekor jantan.. (bagaimana membedakan induk ikan nila betina dan jantan? ikan nila jantan ketika kita urut bagian perut kebawah kalau mengeluarkan cairan putih/sperma, sedangkan betina ketika kita urut kadang akan mengeluarkan telur/tidak mengeluarkan apa-apa-- jangan dipaksa atau diurut kerans-keras) dari tebaran ikan tersebut hampir tiap bulan akan kita dapatkan induk-induk ikan nila bertelur
jumlah telur ratusan dengan tingkat penetasan hampir semua menetas.
Memang dalam hal ini sangat dibutuhkan kolam-kolam kecil yang berfungsi untuk meletakkan anakan ikan, kualahan mmemang ketika ingin membudayakan ikan nila karena membutuhkan tempat yang cukup luas.. namun bagi para penghobi tidak masalah
buat rak akuarium berjajar dengan jumlah anda tentukan sendiri dengan 1 kolam air diujung sebagai tempat sirkulasi.
kapan waktunya kita bisa ...panen anakan ikan, ketika ikan sudah kita tebar kira-kira 1 bulan setelah pelepasan, bisa di cek dengan cara melihat mulut indukan betina yang bertambah besar.
namun bila ingin lebih tau cara paling mudah adalah siapkan 2 ember besar, pindahkan semua ikan nila  kedalam salah satu ember ingat pindahkan dengan hati-hati induk ikan betina dapat mengeluarkan telur dari mulut bila mengalami stres/gangguan. (pindahkan dengan cepat).

Setelah itu ambil satu persatu induk ikan nila cek bagian mulutnya ketika telah bertelur atau belum. apabila ditemukan beberapa induk telah bertelur masukan kembali kedalam kolam dengan hati-hati dan cepat.  dan   dalam waktu 20 hari  telur yang telah dieram didalam mulut induk mengambil betina telah menetas saatnya memindah anakan nila dengan cara yang sama namun keluarkan anakan ikan apabila telah menetas. dan pindahkan sementara anakann kedalam baskom. anakan dari indukan yang berbeda dapat dijadikan 1.
diusahakan anakan ikan setiap kali panen dipisah sesuai dengan waktu pengambilan, karena anakan ikan yang bersifat kanibal akan memakan sesamanya.
berikut saya desainkan kira-kira sebagai berikut :

 Kolam ikan dibuat sejajar dengan masing-masing dialiri air, setiap kolam diberi pipa pelimpahan air yang didesain sedemikian rupa sehingga air akan kembali lagi ke titik pompa sirkulasi. kolam yang dijadikan sebagai filter/penyaring dan sirkulasi tidak perlu diberi anakan ikan hanya sebagai filter dan tempat pompa air sirkulasi.











pakan ikan yang baik, di awal bulan diberi cacing sutra, jangan beri makan anakan ikan selama 2 hari ketika anakan ikan masih memiliki kantung orange diperutnya.
ketika berumur 1 bulan dapat diberi pakan ikan yang kaya protein untuk perkembangan. disarankan lakukan pergantian air selama  1 x/ seminggu.
berapa harga anakan ikan nila ?
selama ini anakan ikan nila yang dijual dipasaran berumur 2-3 bulann dengan harga per ekor 100 - 250 rupiah. anakan ikan dalam 1 x proses bertelur bisa mencapai ribuan... ini hobi yang menyenagkan ....
semangat ber budidaya ikan..... wasalamsalam

Saturday, July 20, 2013

GROSIR KASUR DAN GULING SOLO

MAHAMERU GROUP KEMBALI MELUNCURKAN  INNOVASI BARU DIBIDANG KASUR DAN GULING KAPUK
ALAMAT : TUKOREJO RT 07/01, BOTOK, KERJO, KARANGANYAR JATENG.
081 393 529 818 / 081 567 749 633
kami memproduksi kain kasur kapuk kualitas terjamin...  lebih empuk, halus, kuat dan awet
kain anti air dan biasa
saat ini kami kirim distributor di sulawesi, kalimantan hingga sumatra.



BIJIH PLASTIIK CLOTERAN KERJASAMA 3P KARANGANYAR

CLOTERAN PLASTIK
BIJIH PLASTIK / CLOTERAN SIAP
saat ini kami melayani penjualan diwilayah soloraya, harga sesuai dengan harga pasaran
alamat kami di tukorejo, botok kerjo karanganyar. telepon :
081 393 529 818 / 081 567 749 633
MAHAMERU DAN 3P PLASTIK masih merupakan satu group bisnis di wilayah soloraya
saat ini kami memproduksi mencapai lebih dari 2 ton 1 hari.
permintaan pasar sangat luas. kami membuka kerjasama dan pemodalan dibidang mesin pencetak alat" plastik dan alat" pembuat bijih plastik pelet



HEWAN PELIHARAAN RUMAH

kami bekerja sama di bidang ternak diwilayah solo. diantaranya kami menjual anakan dan indukan ayam ketawa super dan burung parkit kualitas bagus.
AYAM KETAWA
AYAM KETAWA JENIS SUARA KLASIK
harga 550 rb 1 Pasang sementara hanya dijual diwilayah soloraya
telur bisa mencapai 9-11 butir
kualitas bagus... vitamin dan pakan standart katul/dedak, jagung pipil campur, dan BR 1, BR dewasa, campur daun" kangkung, dll
penyemprotan diskinfektan 1 minggu 1x
081 567 749 633 pemesanan

BURUNG PARKIT
TELUR MENCAPAI 7 BUTIR SEKALI BERTELOR
gemuk dan lincah.
untuk indukan mata merah ....... sudah dipesan
warna standart. harga 100 rb/pasang
kualitas bagus... vitamin dan pakan standart millet merah dan putih, jagung manis, kangkung, rumput khusus, benih kacag ijo, dll
penyemprotan diskinfektan 1 minggu 1x
081 567 749 633 pemesanan



FURNITURE DESAIN


MEMBUAT DESAIN SEDERHANA PASARAN LOKAL DAN EXPORT .... DESAIN DULU....