MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Wednesday, October 1, 2014

BUDIDAYA LELE

CARA TEPAT CEPAT DAN MUDAH DALAM budidaya lele/....
lele merupakan jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat, hampir lebih dari 20 ribu ton dikonsumsi masyarakat dalam setiap hari.. namun kebutuhan ini tidak didukung adanya peternakan ikan yang mencukupi. begitu pula ikan lain seperti patin, namun ikan patin memiliki waktu tumbuh yang lebih lambat.
namun jagan disangka. bagi anda pemula dalam budidaya lele intinya adalah AIR dan PAKAN..
ya.... Air harus terpenuhi unsur hara dan oksigen yang cukup untuk beternak ikan lele. dan pakan yang cukup untuk perkembangan ikan lele...
namun air yang buruk dapat didukung dengan beberapa produk pertanian yang banyak dijual di penjual pakan ikan, namun kalo ingin ikan berkualitas tentu saja ikan 1 bulan sekali diganti untuk kesehatan dan percepatan pertumbuhan.
sedang pakan bisa dibuat sendiri dari bekatul yang diicampur nasi atau coba lah bekerjasama dengan para penjual seafood bagus itu.. ikan digiling beserta durinya dijadikan tepung kemudian dipakai untuk campuran pakan ikan. pelet pun diberikan karena ikan lele sangat boros pakan./...
intinya sediakan tempat yang cukup, pakan yang tersedia dan air yang baik... layak untuk dimakan kita....


Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi.

Penyiapan kolam tempat budidaya ikan lele


Tipe-tipe kolam yang umum digunakan dalam budidaya ikan lele banyak sekali, baik terpal, plastik, tandon air, tanah, kolam semen, dll. namun mana yang lebih baik. tentu saja kolam tanah yang memiliki aliran air sirkulasi yang baik. namun hati" lele suka melompat. ketika hujan ancaman terbesar adalah hal tersebut.
 kalo terpaksa tidak ada ya silahkan mempersiapkan sendiri. kolam terpal bagus namun kedalaman kolam paling tidak 1.2 meter. lebih juga lebih baik,.
berbeda dengan pembenihan cukup 40 cm bisoleh" saja.

a. Pengeringan dan pengolahan tanah

Sebelum benih ikan lele ditebarkan, kolam harus dikeringkan telebih dahulu. Lama pegeringan berkisar 3-7 hari atau bergantung pada teriknya sinar matahari. Sebagai patokan, apabila permukaan tanah sudah retak-retak, kolam bisa dianggap sudah cukup kering. hati" ketika anda mencoba dengan kolam tanah air meresap lebih cepat sehingga anda siapkan air lebih untuk menanggulangi hal tersebut. kalo kolam semen lakukan penyiapan tempat setelah diaci kering, isi air penuh selama 5 hari. setelah itu bersihkan dengan cara menyikat dinding kolam kalo perlu amplas. setelah itu bersihkan. baru isi kolam dengan ikan benih anda.. disarankan pake water pump ya... biar sisrkulasi udara baik dan pake penyaring. fungsinya mengurangi lendir pada kolam. yang nantinya menyebabkan penyakit. besrsihkan tiap 3 x sehari. kalo bisa juga kolam terpapar sinar matahari tapi ya jangan terlalu lama,. koid ntar ikannya.

b. Cara menebar benih

Sebelum benih ditebar, lakukan penyesuaian iklim terlebih dahulu. Caranya, masukan benih dengan wadahnya (ember/jeriken) ke dalam kolam. Biarkan selama 15 menit agar terjadi penyesuaian suhu tempat benih dengan suhu kolam sebagai lingkungan barunya. Miringkan wadah dan biarkan benih keluar dengan sendirinya. Metode ini bermanfaat mencegah stres pada benih.
Tebarkan benih ikan lele ke dalam kolam dengan kepadatan 200-400 ekor per meter persegi. Semakin baik kualitas air kolam, semakin tinggi jumlah benih yang bisa ditampung. Hendaknya tinggi air tidak lebih dari 40 cm saat benih ditebar. Hal ini menjaga agar benih ikan bisa menjangkau permukaan air untuk mengambil pakan atau bernapas. Pengisian kolam berikutnya disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan sampai mencapai ketinggian air yang ideal.

Pakan untuk budidaya ikan lele

bagi anda yang kesulitan pakan, diusahakan buat sendiri dengan campuran kaya protein, seperti tulang, daging, usus, dll tempat pemotongan ayam, dll. kalo mau modal ya dikeringkan dan dibuat tepung .. alatnya seharga 120 ribu. buat sendiri dicampur dengan dedak bekatul. kalo itu mau usaha bisnis. klao punya modal besar ya beli pellet ikan, jangan lupa diberi kangkung, atau dedaunan untuk mempercepat pertumbuhan, dapat pula cari kodok,. dibakar masukkan,.. bisa juga keong, pokoknya yang ada disekitar. ada belalang dibakar masukkan tapi jangan memasukan ke kolam yang mengandung minyak... berbahaya. jangan pula beol di kolam... kesehatan ikan juga dijaga... jo ngilani mas....
kap budidaya ikan lele


Penanganan Penyakit.

Penyakit yang sering muncul adalah bercak merah pada kulit, yang diakitbatkan kondisi air yang buruk, serta adanya kuman penyakit yang menyerang. langkah" nya adalah sering diganti air, usahakan air yang dimasukkan dicipratkan.. (mudeng ga ya.... emm) gini... selang airnya dibuat menyemprot sehingga kandungan oksigen air lebih banyak... point nya itu. silahkan bagaimana caranya kreasikan sendiri. untuk sirkulasi harian bisa anda pake water pump tadi. harganya sekitar 75 ribuan yang lumayan bagus. mau yang lebih bagus lagi juga boleh. tapi listriknya mahal lo.... 24 jam nyala kira" punya saya pake 2 waterpump kalo 70 paling habis tinggal 65 kalo sebulan (itu lo ukuran meteran listrik)
sirkulasi nya pake baskom kotak sedang itu dikasih sekat tengah pake tutupnya juga boleh .. skat dipasang dengan cara dilem pake lem plastik yang dipanaskan pake listrik itu lo... kalo sudh dilubangi dari bwah sampai atas yang banyak aja ga apa" dilubangi pake solder kan ujingnya kecil. satu sisi dilubangi untuk pancuran ke kolam. yang satu sisi sakat diisi serabut filter. air water pump dilairkan ke dalam baskom yanga ada filter biar dia ngalir gitu.. mudeng ya.. ntar tak gambarkan dech...



kira kira seperti itu gambaranya.. sederhana saja tiap seminggu bersihkan dicuci...



nah kalo untuk ikan kasih makannya rutin ya. jangan kayak kamu makanya ga teratur... makanya ga gemuk-gemuk...
ok selamat mencoba

No comments:

Post a Comment