MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Tuesday, September 23, 2014

INTERPERSONAL SKILL

interpersonal skill... ketrampilan dalam diri sendiri yang berhubungan dengan orang lain, kira-kira secara pokok intisari nya seperti itu, lalu kemudian bagaimana kita memberikan arahan terhadap peserta didik/ mahasiswa dalam memahami lebih dalam dan mengikuti sistem yang kita buat sehingga mahasiswa/ peserta didik dapat mengimplementasikan ketrampilan yang dimiliki dengan mengembangkan potensi dirinya semakin baik.
dari beberapa referensi yang saya baca secara teoritis dibagi menjadi bebrapa bagian diantaranya teoritis tentang konsep berbicara, mendengarkan, dan ketrampilan dalam diri berupa kerjasama dalam team..  namun tentu saja saya merasa interpersonal skil tidak hanya dikembangkan sebatas itu, saya mencoba melakukan inovasi bagaimana proses pengembangan kepribadian ini dapat mewujudkan sebagian potensi dalam diri setiap mahasiswa/ peserta didik dari berbagai sisi.
1. pembentukan mental
2. pembentukan karakter
3. pengembangan potensi komunikasi
4. pengembangan potensi sosial
5. pengembangan kerjasama team
6. pengarahan fokus terhadap masa depan
7. pembimbingan dalam memahami karakter orang terhadap lingkungan sekitar
8. pengenalan diri

dalam sebuah ulasan yang dibuat oleh beberapa narasumber, saya tidak bisa menyebutkan namanya karena beberapa karangann menyebutkan bahwa itu hasil dari si a, dll.. sehingga membingungkan keotentikan datanya rancu..
namun poit pokoknya adalah 
1. menurut howard gatner "ada 8 potensi diri yang berpengaruh terhadap diri sendiri dimana potensi tersebut manusia dapat hidup secara survive dalam menghadapi masa depan minimal memiliki 3 kecerdasan potensi diri : diantaranya :
  • 1. cerdas alam. 
  • 2. cerdas sosial/ bergaul
  • 3. cerdas hidung/logika matematika
  • 4. cerdas gerak
  • 5. cerdas musik
  • 6. cerdas diri
  • 7. cerdas gambar 
  • 8. cerdas bahasa
2. kesuksesan seseorang dimasa depan dipengaruhi oleh waktu saat ini dalam proses yang dia lewati saat ini hhingga masa depannya kelak.
3. kesuksesan seseorang paling berpengaruh disama mendatang adalah komunitas saat ini dalam bersosialisasi, ketika komunitas nya seseorang diantara para pengusaha tentusaja dia akan ikut terjun untuk memulai wirausaha,

 jadi dalam dunia interpersonal skill saya mencoba memberikan bagaimana seseorang mahasiswa/peserta didik dapat mengarahkan hidupnya untuk memperbaiki diri dan mengembangkan potensi diri sehingga fokus tujuan akhir tercapai.
dalam satuan mata kuliah berikut pengembangan sistem interpersonal skill :

1. pengenalan diri dan potensi diri 
(langkah pengajaran lebih ditekankan bagaimana potensi yang dimiliki untuk dikembangakan namun arahan saya lebih cenderung mengajak mahasiswa outing class, kalo disolo saya ajak ke balekambang), agenda kegiatan ada outbond kepemimpinan (kerjasama team), ada sangsi berupa membuat percaya diri setiap mahasiswa/peserta didik. jenisnya beragam tergantung bagaimana anda mengembangkan kegiatan disana. misalnya : suruh mereka menyediakan kertas suruh mereka menuliskan cita-cita dimasa depan dan menuliskan bagaimana mereka dapat mencapainya.. hanya saja suruh mereka menceritakan cita-cita tersebut kepada orang lain disekitar taman, usia diatas 30 tahunan.
hal ini bertujuan agar mahasiswa terbentuk mental yang dimiliki, intropeksi diri terhadap ucapan, sanggahan atau kritik dari orang lain, sehingga memahami bahwa hanya orang lain yang melihat kita dan memberikan kritik pada diri kita.Nb. tidak semua pelaksanaan dilakukan ditempat terbuka namun bagaimana pembentukan mental tersebut dibangun.

2. Pembentukan karakter ..
Tentu saja banyak referensi yang harus  anda baca diantaranya bagaimana karakter itu, bagaimana sikap, prilaku, berpenampilan, berkomunikasi, dll bagaimana membentuk karakter seseorang dari pendiam menjadi mudah berkomunikasi, bagaimana seorang anak yang cenderung cuek dan bebas dapat menguasai dirinya sehingga bijaksana dalam bertindak, bagaimana seorang mahasiswa yang bersifat kekanak-kanakan dapat mengendalikan diri dan bersifat dewasa dan bertanggung jawab.. susah tentusaja didalam kelas banyak cara bagaimana proses tersebut dapat terbentuk
1. libatkan peserta didik dalam sebuah materi, libatkan mereka dalam membuat argumen tentang suatu masalah, suruh mereka maju dan mendiskripsikan tentang suatu masalah, buat peserta didik mengkritik tentang penyampaian, penampilan, dan sikap saat presentasi didepa kelas.
2. buat sebuah peraturan didalam kelas seperti berpakaian, berpresentasi, buat peserta lain mengendalikan tentang candaan, kritik sehingga kedewasan peserta didik dapat terjaga, berikan sangsi kepada peserta yang berlebihan dengan memberikan mereka tanggungjawab presentasi dll.

3. Pengembangan Potensi Komunikasi,,
Bagaimana langkah-langkah menuju kesana sepertihalnya pembentukan mental yang kuat, ajak mereka berdiskusi, kemudian beri mereka tantangan dalam hal ini mahasiswa/peserta didik diberi tugas untuk melakukan wawancara dengan pengusaha/top leader suatu perusahaan, buat tugas tersebut dengan membuat dokumentasi baik foto maupun video, beri arahan mereka tentang pertanyaan apa saja yang akan mereka temui dilapangan seperti halnya seseorang yang tersesat, dampingi mereka hingga paham maksud dari tantangan tersebut., dari tugas ini kita mendapatkan :
1. tugas wawancara dan dokumentasi kegiatan belajar mengajar sebagai sumber akreditasi
2. pembentukan dan mental peserta didik/mahasiswa berhadapan dengan orang sukses"
3. tugas komunikasi dan belajar menggunakan mainset tentang langkah" apa saja pertamakali mereka lakukan saat bertemu dengan pengusaha tersebut.
4. membagi waktu tentang aktifitas harian mereka dengan memberikan waktu durasi perekaman 3-5 menit
5. belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar dari ahlinya, belajar memanfaatkan moment dan peluang yang ada sehingga menjadi motivasi tersendiri terkait kegiatan mereka.
6. ajak mereka melakukan evaluasi dengan mempresentasikan tentang apa yang mereka dapat, tentusaja beri evaluasi dari tugas video yang mereka buat, terkait cara pengajuan pertanyaan, sikap saat bertanya, awal mereka melakuka pembicaraan, dan ketajaman pertanyaan yang diajukan.

4. Pengembangan Potensi Sosial
bersosialisasi merupakan faktor pendukung di mana komunikasi yang aktif berperan dalam pengembangan inovasi, ide, penyampaian tujuan, pemahaman maksud dan tersampaikanya sistem. peran sosial harus dimulai dari dalam diri setiap mahasiswa, setiap mahasiswa yang memiliki karakter yang berbeda sangat sulit untuk dibuka karakternya namun usaha yang patut dicoba antara lain,
5. Pengembangan Kerjasama Team
potensi kerjasama... ? ya banyak diantara mahasiswa dengan kecenderungan karakter yang berbeda, hal ini pula yang tercermin dilingkup dunia kerja, komunikasi dan bersosialisasi merupakan faktor pendukung dalam ritme kerja yang lebih baik. sehingga komunikasi yang efektif dapat menyampaikan arahan yang tepat dan menghilangkan faktor presepsi dan keraguan dalam manajemen. dalam hal ini beberapa problem didapat didunia kerja sehingga mental yang saat ini ada perlu dikembangkan kearah bagai mana proses sosialisasi tersebut dibangun.
beberapa kelemahan dalam perusahaan terkait hubungan komunikasi antar staf antara lain :
1. kecenderungan mencari muka / perhatian berlebihan dengan cara menjelek-jelekan orang lain dan mengunggulkan diri sendiri
2. kecemburuan sosial terkait gaji, bonus, benefit lainnya yang berbeda, sehingga tidak memiliki orientasi yang jelas dalam kerja yang berakibat pelemahan sistem manajemen.
3. mencari keuntungan diri sendiri, sehingga tanggung jawab kerja tidak relefan serta disorientasi terhadap kerja dan kerjasama team. berakibat kemandulan sistem manajemen.
4. kreatifitas dan inovasi yang lemah, hal ini dipengaruhi dari tanggung jawab, pola kerja, lingkungan kerja, faktor individu, ritme kerja, dll, hal ini dapat berakibat fatal diantaranya berhentiya pola bisnis dan kehilangan branding.
5. serta masih banyak yang lain terkait kemunduran suatu usaha yang diakibatkan faktor internal dan SDM yang tidak cakap dan memiliki kapabilitas dalam tanggungjawab kerja.
dari faktor-faktor tersebutlah pola sosial dan potensi dalam bersosialisasi tersebut dibangun. sistem pengajaran dilakukan bertujuan adalah pembentukan pola kerjasama kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan antara lain :
1. beri tugas kelompok untuk bekerjasama misal :
a. kerjasama dalam menyusun suatu manajemen organisasi libatkan seluruh team untuk menyampaikan seluruh hasil diskusi yang mereka lakukan. evaluasi mengenai seberapa jauh mereka terlibat dalam penyusunan sistem tersebut. kemudian berikan sangsi dan motivasi bagi yang tidak terlibat aktif.
b. kerjasama dalam menyusun suatu problematika suatu situasi diantaranya suatu masalah terkait dengan kegiatan organisasi kemasyarakatan diantaranya pembuatan event di kampung, organisasi kegiatan event musik, kegiatan evet tari, kegiatan seminar, dll. banyak hal yang harus dipersipkan. tugas kan mereka menentukan sistem tersebut harus sejauh mana dapat dilaksanakan, beri mereka arahan sederhana biarkan mereka mengembangkan, hal ini bertujuan mengajak dan membuka frame berfikir antara kelemahan, dan kekuatan yang dapat dibangun.
c. tugas kan mereka untuk memilih team organisasi dalam membuka sebuah perusahaan baru yang beranggotakan team 6 orang. dimana mahasiswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang. 3 orang ini adalah owner/ top leader... mereka harus memilih 6 orang team yang berasal dari kelas lain. atau kelompok didalam kelas itu sendiri. tujuannya adalah memahami karakter setiap peserta dan memahami potensi yang mahasiswa miliki, semisal 6 orang tersebut bertanggungjawab sebagai manajer, administrasi, pemasaran, keuangan, fo, dan satpam/ ob... dari hal tersebut nama-nama mahasiswa yang ditunjuk sebagai penangungjawab akan dievaluasi oleh team, untuk memberikan ulasan dan alasan pemilihan setiap personel. sehingga manajemen konflik kita bangun dengan penyampaian masing-masing/... tugas lainnya adalah buat setiap orang yang ditunjuk sebagai 6 team tersebut memberikan sangkaan, sanggahan dan persetujuan dari alasan yang disampaikan oleh kelompok tadi.
d. masih banyak yang lain...

5. Pengembangan Kerjasama Team

sementara itu dulu nanti kita lanjutkan hty...







No comments:

Post a Comment